BWSS V Padang dan BPJN Sumbar Kerahkan Alat Berat Kelokasi Bencana Agam & Tanah Datar - Go Asianews

Breaking


Sunday, May 12, 2024

BWSS V Padang dan BPJN Sumbar Kerahkan Alat Berat Kelokasi Bencana Agam & Tanah Datar

Ruas Jalan Padang - Bukit Tinggi putus Total (titik Lembah Anai)


GoAsianews.com
Padang (SUMBAR)
- Tingginya intensitas curah hujan, Sabtu (11/05/2024) yang melanda kawasan Agam, Padang Panjang, Bukit Tinggi, Tanah Datar dan sekitarnya telah memicu terjadinya banjir besar dan longsor dibeberapa ruas jalan nasional.


Banjir lahar dingin menimpa perkampungan warga sekitar, korban jiwa dan materi tidak dapat dielakkan.


Dilokasi terlihat, rumah warga roboh, motor, mobil dan truk terguling dihempas banjir. Dan informasi sementara dikabarkan empat belas orang meninggal dunia karena bencana ini.



Adapun titik-titik lokasi yang terdampak yakni, wilayah Galuang Sungai Pua Agam, Bukit Batabuah, Lembah Anai, Koto Tuo Agam dan lainnya. Dan longsor telah menyebabkan akses jalan Padang - Bukittinggi lumpuh total.


Hadapi tanggap darurat ini, Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang (BWSS V Padang) dan Balai Pelaksana Jalan Nasional Sumbar (BPJN Sumbar) telah mengirim tim serta alat berat menuju lokasi terdampak bencana.


"Kita telah kirim tim ke lapangan, dan untuk peralatan kita kirim ke Agam satu alat berat, ke Tanah Datar satu alat Excavator pc 200," ungkap Muhammad Dian Al Ma'ruf, Kepala Balai BWSS V Padang pada GoAsianews.com  Minggu (12/05).

Peralatan BWSS V Padang yang mengarah ke lokasi bencana.


Terpisah, Thabrani, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional Sumbar (BPJN Sumbar) menjelaskan "Ruas Sucincin - Padang Pajang  putus total".


"Ada 7 titik badan jalan longsor, 3 titik putus total dari KM 64+500 s/d 67+600 lokasi kawasan Lembah Anai.


"Tim sudah dilapangan, dan alat-alat sedang menuju lapangan, kami upayakan segera bisa fungsional kembali untuk lalulintas, mohon doa dan dukungannya," ucap Thabrani, Minggu (12/05/2024).


Thabrani juga menyampaikan, ruas Malak juga tertimbun tanah longsor. Untuk pengendara jalur yang bisa lalui hanya Padang - Solok - Singkarak - Padang Panjang - Bukit Tinggi dan Kelok 44," ulasnya.

(deni)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->