Cegah Erosi, Pemprov Sumbar Bangun Struktur Penahanan Tebing di Bantaran Sungai Batang Pasaman - Go Asianews

Breaking


Wednesday, August 14, 2024

Cegah Erosi, Pemprov Sumbar Bangun Struktur Penahanan Tebing di Bantaran Sungai Batang Pasaman



GoAsianews.com
Kab.Pasbar (SUMBAR) -
Untuk mencegah meluasnya erosi pada daerah aliran sungai Batang Pasaman yang bertempat diwilah Kabupaten Pasaman Barat, Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas SDA-BK (Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi), membangun struktur penahan tebing pada areal bantaran sungai tersebut.


Dengan alokasi APBD murni TA 2024, pembangunan struktur penahan tebing yang direncanakan sepanjang 60 Meter pada daerah bantaran sungai tersebut telah dimulai pengerjaannya.


Beberapa warga setempat yang dijumpai oleh media ini menyambut baik adanya kegiatan pembangunan infrastruktur tersebut.


"Ancaman abrasi ini sangat serius, kami selalu gekdekan saat musim penghujan, karena pemukiman kami sangat berdekatan dengan daerah aliran sungai", ucap warga setempat, Selasa (13/08/2024),


"Dan Alhamdulillah, dengan adanya pembangunan ini, Kami bisa sedikit bernafas lega", tambah mereka.


Warga setempat juga menyampaikan, "dalam minggu kemarin juga telah ada kunjungan dari pihak Dinas dan DPRD Sumbar, semoga dari kunjungan tersebut semua keluhan-keluhan dan harapan kami dapat ditampung," harap mereka.


Sebagaimana diketahui, dalam pembangunan kegiatan struktur penahan tebing sungai Batang Pasaman ini, Dinas SDA-BK berkolaborasi dengan CV. Bintang Lintas Indonesia sebagai kontraktor pemenang tender.


Sebelumnya, pada Selasa (6/8/2024) lalu. Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah melakukan monitoring bersama Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi (SDA-BK) Sumbar pada pelaksanaan kegiatan pembangunan perkuatan tebing Sungai Batang Pasaman di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) ini.


Terkait hal tersebut, Plt Kepala Dinas PSDA dan BK Sumatera Barat, Ahdiarsyah,ST.MT. menyampaikan, "Iya, kita langsung mendampingi Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat ke lapangan. Kita melihat langsung progres pekerjaan Bangunan Perkuatan Tebing Batang Pasaman di Jorong Pasir Bintungan, Kabupaten Pasaman Barat", sebutnya.


Lebih lanjut Ahdiarsyah menjelaskan, "proyek pembangunan Bangunan Perkuatan Tebing Sungai Batang Pasaman ini di danai oleh APBD Provinsi Sumatera Barat Tahun anggaran 2024 dengan dana sebesar Rp 2.402.036.100".


"Dan pengerjaan penguatan tembing sungai Batang Pasaman ini dikerjakan kurang lebih sepanjang 60 meter. Tujuannya agar dapat menghindari erosi akibat daya arus air,” ujarnya.


Ahdiarsyah juga menjelaskan, tanggal dimulai pengerjaan ini yakni 22 Mei 2024, dan  insyaallah mudah-mudahan tidak ada kendala.. giat pembangunan akan tuntas pada tanggal 18 Oktober 2024 nanti", ulasnya.
(dn/tm)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->