Hendri Septa, Pemimpin yang Peduli Disabilitas - Go Asianews

Breaking


Minggu, 13 Oktober 2024

Hendri Septa, Pemimpin yang Peduli Disabilitas

Hendri Septa saat menggendong seorang anak disabilitas menaiki kursi roda yang Ia diberikan.


GoAsianews.com
Padang (SUMBAR)
- Dalam masa kepemimpinannya sebagai Walikota Padang (2019 - 2024), perhatian yang besar terhadap para penyandang disabilitas terus dilakukan oleh Hendri Septa. Seiring dengan diterbitkannya Perda Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pemenuhan dan Perlindungan Hak-Hak Penyandang Disabilitas.


Hendri Septa mengimplementasikannya dengan penggencaran pembangun sarana prasarana umum yang ramah Disabilitas.


Diantaranya, pembangunan trotoar yang ramah disabilitas di jalan -jalan utama kota Padang serta di pusat-pusat perbelanjaan, seperti pasar raya Padang, kawasan Permindo, Jln.Katib Sulaiman dan lainnya.


Serta melengkapi bangunan pemerintah/gedung-gedung pelayanan publik lainnya dengan akses yang ramah penyandang disabilitas, seperti kantor lurah, kantor camat, puskesmas, kantor-kantor Kedinasan, bahkan Kantor Balai Kota Padang dan DPRD Padang saat ini bisa diakses oleh penyandang disabilitas.


Hal ini dilakukan sebagai bahagian dari penghormatan atas harkat dan martabat manusia, serta perwujudan agar tercapai kesamaan kedudukan, hak dan kewajiban sebagai warga negara, tak terkecuali bagi mereka penyandang disabilitas.


Dari data yang dihimpun oleh GoAsianews.com, dalam kepemimpinannya, Hendri Septa juga mengakomodir sejumlah penyandang disabilitas menjadi ASN, dan menempatkannya di berbagai OPD di lingkungan Pemko Padang.


Penyandang disabilitas juga diberikan pelatihan keterampilan, yang disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan penyandang disabilitas, seperti menjahit, membuat alas kasur, membuat bordir, membuat makanan dan lainnya.


Serta mengirim penyandang disabilitas untuk mengikuti pelatihan-pelatihan keterampilan, seperti ke Kemensos, Sentra Terpadu Solo, serta Sentra Palembang dan Bogor.


Penyandang disabilitas juga diberikan bantuan permakanan (sembako), bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Dan untuk meningkatkan kemandirian serta pengembangan diri,  pemerintah kota Padang juga menggelar berbagai bimtek untuk mereka. Selain itu, penyandang disabilitas juga diberikan bantuan peralatan penunjang aktivitas keseharian mereka, seperti bantuan kursi roda, kaki palsu, alat bantu dengar dan lainnya.
(deni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->